Agar Anak Tak Bosan Belajar di Rumah Saat Pandemi

SAHABAT KELUARGA- Kebijakan belajar dari rumah yang diambil pemerintah sebagai langkah alternatif untuk menghindari penyebaran Covid-19 mengubah kebiasaan belajar si kecil. Bagi Ayah-Bunda yang terbiasa mendampingi Ananda belajar, hal tersebut tidak terlalu sulit dihadapi. Akan tetapi, bagi Ayah-Bunda yang sibuk bekerja sehingga tidak sempat mendampingi mereka tentu akan ada pengalaman baru yang mendebarkan. Muncul kekhawatiran bahwa nanti Ananda tidak konsentrasi dalam belajar atau merasa bosan belajar bersama di rumah. Agar Ananda tidak merasa bosan belajar di rumah selama pandemi, cara berikut mungkin dapat menjadi pilihan untuk dicoba.

Buat dan Patuhi Jadwal Belajar

Ajak si kecil untuk mematuhi jadwal belajar yang telah ditetapkan untuk meningkatkan kedisiplinan dan membentuk kebiasaan baik. Namun, jangan memaksa jika ia terlihat lelah, sebab hal ini akan membuat anak kehilangan minat untuk belajar. Istirahat sejenak untuk mengembalikan keceriaannya, kemudian ajak kembali melanjutkan aktifitas belajar yang tertunda.

Belajar di Ruangan Terbuka

Kebiasaan belajar di kamar tidur atau meja belajar dapat menyebabkan anak merasa bosan sebab mereka merasa berhadapan dengan hal yang sama berulang kali. Halaman samping, atau teras dapat menjadi alternatif lokasi belajar. Pemandangan yang luas dapat memberikan suasana baru yang menyenangkan dan menumbuhkan semangat belajar baru.

Belajar Sambil Bermain

Cara belajar yang monoton dengan menghadapi tumpukan buku akan membuat anak menjadi lebih mudah lelah. Ayah Bunda dapat menyiasati ini dengan mengajak mereka bermain. Misalnya pada pembelajaran penjumlahan dan pengurangan dalam matematika, Ayah Bunda dapat menggunakan barang-barang yang ada di sekitar untuk dijadikan peraga..

Perbanyak Praktik

Ayah-Bunda, teori yang terlalu banyak akan membuat buah hati merasa bosan belajar. Ada baiknya, ajak mereka melakukan praktik sederhana di rumah. Misalnya, ketika Ayah-Bunda mengajari mereka perubahan bentuk dan wujud benda, minta mereka membuat sirup lalu bekukan di freezer. Atau dapat pula mengajak mereka menjemur es balok atau cokelat untuk melihatnya mencair.

Berikan Video yang Menarik

Alternatif lain yang dapat Ayah-Bunda lakukan adalah dengan memberikan si kecil media pembelajaran yang menarik. Dewasa ini banyak sekali konten video pembelajaran yang dapat menarik minat si kecil dengan menyertakan ilustrasi berupa gambar animasi atau gambar bergerak. Ayah-Bunda dapat memanfaatkan video tersebut agar Ananda tidak bosan.   Ingat Ayah-Bunda, peran orang tua dalam mendampingi belajar sangat penting. Ikatan antara orang tua dan anak akan lebih terjalin, sebab mereka merasa lebih diperhatikan. Ayah-Bunda juga dapat mengawasi konten-konten belajar yang digunakan si kecil untuk memastikan ‘keamanan’ mereka dalam belajar. Ayah-Bunda juga akan mengetahui lebih banyak tentang minat dan bakat si kecil..

Dina Kurniawati Guru Kimia di SMAN 1 Nanga Pinoh, Melawi, Kalimantan Barat.

Sumber 

KOMENTAR

Daftar Komentar

Pengumuman

Format LI

Format LI

Dimohon untuk seluruh sekolah Negeri dan Swasta untuk mengisikan Laporan Individu tahun 2018, format

UNDANGAN RAKOR DAPODIK SD SMP

UNDANGAN RAKOR DAPODIK SD SMP

DOWNLOAD SURAT DAPODIK SMPDOWNLOAD SURAT DAPODIK SD

RKAS SMP

Bagi Sekolah yang sudah mengumpulkan RKAS untuk segera diambil di Ruang Bina Program

Statistik Pengunjung

Kontak Kami

Jl. Letjend. S. Parman No 8 B Wonosobo
Phone: (0286) 321078
Email: dikpora@wonosobokab.go.id
Website: https://dikpora.wonosobokab.go.id