Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2019

Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2019

Balai Bahasa Jawa Tengah, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menjaring generasi muda yang memiliki kebanggaan dan kecintaan terhadap bahasa Indonesia melalui ajang Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2019. Duta bahasa terpilih diharapkan akan menjadi teladan dan mitra Balai Bahasa Jawa Tengah untuk ikut memasyarakatkan bahasa Indonesia dan melestarikan bahasa daerah di Jawa Tengah.

 

         Pemenang Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2019 akan mendapatkan trofi, piagam penghargaan, dan uang pembinaan senilai total Rp28 juta. Pemenang pertama akan dikirim untuk mengikuti Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional 2019 di Jakarta.

 

         Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah, Dr. Tirto Suwondo, mengatakan bahwa generasi muda sebagai generasi penerus bangsa memiliki tanggung jawab besar dalam upaya pelestarian dan pemartabatan bahasa Indonesia. "Sejarah menunjukkan bahwa pemuda telah menjadi perintis awal menguatnya bahasa Indonesia yang hingga kini menjadi bahasa nasional," kata Tirto.

 

         "Peran itu perlu dilanjutkan oleh generasi muda saat ini dengan berbagai cara, salah satunya dengan berbahasa Indonesia secara baik yang mencerminkan ciri khas karakter identitas kebangsaan kita," lanjut Tirto.

 

         Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah bertujuan membangkitkan minat generasi muda untuk berbahasa Indonesia yang baik dan benar, mencari tunas muda yang mampu berbahasa Indonesia, berbahasa Jawa, dan berbahasa asing secara proporsional, dan memilih generasi muda untuk menjadi duta pemasyarakatan bahasa Indonesia. Adapun syarat menjadi Duta Bahasa Jawa Tengah 2019 adalah remaja Indonesia yang berdomisili di Jawa Tengah dengan usia 18-25 tahun dan belum pernah menikah dengan pendidikan minimal SMA, memiliki penampilan menarik dengan tinggi badan serendah-rendahnya 160 cm untuk putra dan 155 cm untuk putri. Peserta harus memiliki kemampuan berbahasa Indonesia dan berbahasa asing (bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya), baik lisan maupun tulis, serta mampu berbahasa Jawa dengan baik dan memahami budaya Jawa.

 

         Peserta dapat melakukan pendaftaran melalui bit.ly/dubasjateng2019 dengan melampirkan proposal kegiatan kebahasaan dan/atau kesastraan (tidak lebih dari enam halaman A4, Times New Roman 12, spasi 2, pias kiri 4 cm, pias kanan 3 cm), salinan ijazah terakhir atau salinan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), sertifikat Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) yang dikeluarkan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa yang masih berlaku sampai dengan 31 Agustus 2019 dengan nilai minimal unggul, salinan Kartu Tanda Penduduk (KTP), serta foto berwarna (seluruh badan dan setengah badan). Berkas diterima panitia paling lambat pada 25 Mei 2019. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di brosur pada menu download di laman ini atau langsung mengunduh di tautan berikut https://balaibahasajateng.kemdikbud.go.id/index.php/read/home/download/45/Pemilihan-Duta-Bahasa-Jawa-Tengah-2019.

Pengumuman

Pengumuman Perpanjangan Jadwal Pelaksanaan PPDB SD

Pelaksanaan PPDB akan diperpanjang sampai tanggal 20 Juni 2019 untuk info lengkapna silakan dow

Format LI

Format LI

Dimohon untuk seluruh sekolah Negeri dan Swasta untuk mengisikan Laporan Individu tahun 2018, format

UNDANGAN RAKOR DAPODIK SD SMP

UNDANGAN RAKOR DAPODIK SD SMP

DOWNLOAD SURAT DAPODIK SMPDOWNLOAD SURAT DAPODIK SD

UNDANGAN PIP

UNDANGAN PIP

RALATrapat PIP yang akan dilaksanakan hari Rabu akan dilaksanakan diganti hari Kamis tanggal 9 Agust

RKAS SMP

Bagi Sekolah yang sudah mengumpulkan RKAS untuk segera diambil di Ruang Bina Program

Statistik Pengunjung

Kontak Kami

Jl. Letjend. S. Parman No 8 B Wonosobo
Phone: (0286) 321078
Email: dikpora@wonosobokab.go.id
Website: https://dikpora.wonosobokab.go.id