LABU BASI MERAIH TOP 99 AWARD TOP 99 INOVASI PELAYANAN PUBLIK 2019 DARI KEMENTRIAN PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI

SD Negeri 1  Garung Kecamatan Garung berhasil mendapatkan penghargaan TOP 99 INOVASI PELAYANAN PUBLIK 2019. Penghargaan ini diterima langsung oleh Bupati Wonosobo, Eko Purnomo, SE, MM pada tanggal 18 Juli 2019 dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin.

 

Pemerintah Kabupaten Wonosobo mengajukan 3 inovasi yaitu dari Rumah Sakit Umum Daerah Setjonegoro, Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga yang dalam hal ini diwakili oleh SDN 1 Garung Wonosobo yang mempresentasikan tentang LABU BASI (Layanan Budaya Baca Siswa) dengan inovator Paryono (https://www.youtube.com/watch?v=nVyJPAoV7j8).  Bupati Wonosobo  beserta Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga ,Direktur RSUD Setjonegoro dan para inovator mempresentasikan inovasinya di depan para juri di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada tanggal 11 Juli 2019.

 

LABU BASI lahir dari hasil evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh Kepala SD Negeri   1 Garung pada tahun 2104, di mana masih terdapat siswa yang tidak tuntas dalam memahami isi pesan buku materi pelajaran, minat baca rendah dan kompetensi siswa dalam menyelesaikan soal teks panjang masih perlu ditingkatkan. Situasi ini mendorong Kepala SD N 1 Garung untuk mendesain satu pola layanan yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut yaitu Layanan Budaya Baca Siswa (LABU BASI).

 

Keunggulan dari LABU BASI adalah layanan ini sangat murah, dapat dilakukan oleh setiap sekolah, waktunya sangat fleksibel dan bisa melibatkan semua siswa, guru dan orang tua yang hasilnya sangat memuaskan.

 

LABU BASI dilakukan dengan melakukan pembiasaan membaca selama 10 menit sebelum pembelajaran dari hari Senin sampai dengan Kamis, kemudian menjurnal dan dilanjutkan merangkum pada hari sabtu. Membaca hening Bersama setiap hari Jumat oleh siswa dan guru, dan siswa menceritakan kembali bacaannya di depan 350 siswa. Orang tua akan mendapatkan informasi mengenai aktivitas tersebut melalui buku penghubung.

 

LABU BASI sebagai salah satu aksi literasi, memberikan dampak yang positif baik dari guru, orang tua dan siswa. Di antaranya, guru menjadi lebih kreatif , paguyuban wali murid semakin baik kualitasnya, SD Negeri 1 Garung terpilih sebagai SD rujukan.

 

Dengan terpilihnya LABU BASI sebagai TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik, diharapkan akan menularkan semangat positif dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan di sekolah yang lain dan melahirkan inovasi-inovasi lain yang terkait untuk peningkatan mutu layanan pendidikan.

Pengumuman

Pengumuman Perpanjangan Jadwal Pelaksanaan PPDB SD

Pelaksanaan PPDB akan diperpanjang sampai tanggal 20 Juni 2019 untuk info lengkapna silakan dow

Format LI

Format LI

Dimohon untuk seluruh sekolah Negeri dan Swasta untuk mengisikan Laporan Individu tahun 2018, format

UNDANGAN RAKOR DAPODIK SD SMP

UNDANGAN RAKOR DAPODIK SD SMP

DOWNLOAD SURAT DAPODIK SMPDOWNLOAD SURAT DAPODIK SD

UNDANGAN PIP

UNDANGAN PIP

RALATrapat PIP yang akan dilaksanakan hari Rabu akan dilaksanakan diganti hari Kamis tanggal 9 Agust

RKAS SMP

Bagi Sekolah yang sudah mengumpulkan RKAS untuk segera diambil di Ruang Bina Program

Statistik Pengunjung

Kontak Kami

Jl. Letjend. S. Parman No 8 B Wonosobo
Phone: (0286) 321078
Email: dikpora@wonosobokab.go.id
Website: https://dikpora.wonosobokab.go.id