Share

Bimbingan Teknis Fasilitasi Pemetaan Mutu Akreditasi PAUD

Selasa, 30 Mei 2023
Berita / Informasi Berkala

Akreditasi PAUD adalah suatu kegiatan penilaian kelayakan program dan satuan PAUD berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan untuk memberikan penjaminan mutu pendidikan. Salah satu tujuan akreditasi adalah meningkatkan mutu lembaga dalam hal ini lembaga PAUD. Akreditasi harus memenuhi 8 Standar Nasional. Ada 8 Standar Nasional PAUD meliputi Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak, Standar Isi, Standar Proses, Standar Penilaian, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan dan Standar Pembiayaan.

Guna mendorong peningkatan jumlah satuan PAUD yang terakreditasi di Kabupaten Wonosobo, Dinas Dikpora menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Fasilitasi Pemetaan Mutu Akreditasi PAUD pada tanggal 23 sampai dengan 25 Mei 2023,di Aula SPNF SKB Wonosobo dan diikuti oleh 140 satuan PAUD yang belum terakreditasi dan siap diakreditasi di tahun 2023 ini. Tujuan kegiatan bimbingan teknis ini adalah untuk mendorong pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan di Satuan PAUD dan Pemutakhiran Data Satuan PAUD dalam Dapodik sebagai upaya mewujudkan PAUD berkualitas.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Wonosobo Drs. Tono Prihatono yang dalam sambutannya beliau memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para pendidik PAUD yang sudah berantusias dan bersemangat mengikuti semua kegiatan dari Dinas Dikpora. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Bidang PDPO Drs. Seno, Kasi PAUD Eko Murdijanti, M.Pd dan para nara sumber dari BAN PAUD PNF Provinsi Jawa Tengah, Ketua IGTKI, Ketua Himpaudi, dan Praktisi PAUD Kabupaten Wonosobo.

Kegiatan bimtek dilaksanakan dengan pembelajaran tatap muka dan penugasan melalui tahapan Kegiatan Pembekalan selama 1 hari, kegiatan Pendampingan melalui tatap muka selama 2 hari, dan penugasan selama 2 minggu untuk pengisian Sistem Penilaian Akreditasi (Sispena) 3.1. Target dari kegiatan ini adalah terakreditasinya 140 satuan PAUD dengan predikat minimal terakreditasi B, sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) PAUD.

Tinggalkan Komentar

 
pandji petarung bolo-serayu sembada
PANDJI PETARUNG BOLO SERAYU SEMBADA