Share

Jambore Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Jum'at, 10 November 2023
Berita

Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Wonosobo menggelar Jambore Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada hari Kamis, 9 November 2023 di area agro wisata Tanjungsari Land. Jambore Bunda PAUD merupakan kegiatan yang pertama digelar dan dikuti Bunda PAUD kecamatan se Kabupaten Wonosobo, perwakilan Bunda PAUD desa, Pokja 2 PKK, GOPTKI, IGTKI dan Himpaudi.

Acara tersebut juga diisi dengan berbagai kegiatan, diantaranya paparan materi tentang transisi PAUD SD, APK PAUD, Focus Group Discussion (FGD)  dan dimeriahkan dengan kegiatan out bond.

Jambore Bunda PAUD diawali dengan sambutan Kepala Dinas Dikpora Drs. Tono Prihatono yang menyampaikan keprihatinan tentang kondisi di dunia Pendidikan saat ini dimana bullying marak terjadi mana-mana termasuk di lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini. Oleh karena itu beliau juga berpesan kepada para Bunda PAUD agar turut serta melakukan pencegahan tindak kekerasan dan bullying secara dini terhadap anak-anak PAUD. Dalam kesempatan tersebut, Drs. Tono Prihatono juga berkesempatan mengajarkan lagu anti bullying kepada peserta jambore.

Jambore Bunda PAUD dibuka oleh Bunda PAUD Kabupaten Wonosobo Ibu Dyah Afif Nurhidayat. Bunda PAUD mengatakan jambore itu sebagai wadah berkumpul berdiskusi dan bertukar pengetahuan para Bunda PAUD dan para praktisi PAUD terkait pembinaan PAUD di Kabupaten Wonosobo. Diharapkan juga adanya sinergitas antara Bunda PAUD dengan pihak-pihak terkait dalam memajukan Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Wonosobo.

Selain memberikan sambutan, Bunda PAUD Kabupaten Wonosobo juga menyampaikan materi tentang program Kemendikbudristek yaitu Transisi PAUD SD yang menyenangkan. Diharapkan Bunda PAUD Kecamatan dan Bunda PAUD desa juga ikut mengawal suksesnya Program Transisi PAUD SD dengan memastikan terpenuhinya hak fase fondasi anak. Selain itu Bunda PAUD juga menyampaikan tentang 3 (tiga) target perubahan Transisi PAUD SD yang menyenangkan, yaitu menghapus tes calistung dari proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada jenjang SD/MI, penerapan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru selama dua minggu pertama.

Sebelum peserta melakukan FGD, terlebih dahulu mendapatkan pembekalan materi tentang Profil PAUD di Kabupaten Wonosobo dan posisi APK PAUD saat ini oleh Kasi PAUD Disdikpora Eko Murdijanti, S. Pd. M. Pd. untuk selanjutnya digunakan sebagai bahan diskusi.

Kegiatan Jambore Bunda PAUD diakhiri dengan kegiatan outbond yang dipandu oleh tenaga profesional dari TIM outbond Tanjungsari Land.

Tinggalkan Komentar

 
pandji petarung bolo-serayu sembada
PANDJI PETARUNG BOLO SERAYU SEMBADA