Share

Kegiatan Pencegahan Perundungan, Kekerasan Seksual dan Intoleransi di Satuan Pendidikan

Kamis, 19 Oktober 2023
Berita

Maraknya berita tentang kasus kekerasan yang terjadi di lingkungan satuan pendidikan, Dinas Dikpora Kabupaten Wonosobo melaksanakan sosialisasi pencegahan kekerasan di lingkungan satuan pendidikan pada 18-19 Oktober 2023 bertempat di Aula SMP N 2 Wonosobo.
Diikuti seluruh kepala sekolah negeri dan swasta se-Kabupaten Wonosobo, kegiatan ini di pimpin langsung oleh Kepala Dinas Dikpora dan didukung oleh materi pendukung yang disampaikan oleh Kabid BPP, Kabid PTK, dan Kabid Kurikuklum.
Kepala Dinas Dikpora, menyampaikan bahwa kekerasan di sekolah sudah dalam keadaan “darurat “ maka harus ada upaya-upaya dan langkah serius yang harus dilakukan oleh semua satpen dan untuk melakukan langkah-langkah cepat sebagai berikut:
1. Edukasi ulang tentang kekerasan seksual, perundungan dan bullying, para guru kelas/wali kelas agar melaksanakan edukasi langsung dengan contoh-contoh yang jelas. Beliau mencontohkan yang di lakukan oleh guru Galih Sulistyaningra (@galihtyanr) seorang Guru di Engineering for Kids Indonesia, sebuah lembaga pendidikan berbasis STEAM dari US.
2. Para KS dan guru agar rutin memantau di tempat dan waktu yang rawan terjadinya perundungan. Seperti diwaktu istirahat, pulang dan berangkat sekolah. Serta di kantin, lorong kelas, belakang sekolah dan kamar mandi.
3. Mengedukasi melalui “lagu anti bullying” yang wajib dinyanyikan di setiap kelas
4. Membuka ruang obrolan antara guru dan siswa agar terjadi kedekatan emosional
5. Melibatkan siswa dalam pencegahan, dengan membentuk “satgas” anti perundungan dari siswa
6. Memasang poster serta membuat rekaman suara anti perundungan yang di putar secara terus menerus saat jam tertentu
7. Melakukan edukasi pada orang tua/wali dan meningkatkan kegiatan parenting
8. Melakukan deteksi dini pada anak berdasarkan hasil assesment non kognitif dan profil siswa
9. Memperhatikan rekomendasi dari rapor pendidikan terkait indikator iklim keamanan dan kebhinekaan.
Dengan kegiatan tersebut diharapkan kekerasan yang terjadi di lingkungan satuan pendidikan dapat dicegah, serta satuan pendidikan dapat membangun eksosistem yang aman bagi peserta didik.

#dikporawonosobo #pencegahankekerasan

Tinggalkan Komentar

 
pandji petarung bolo-serayu sembada
PANDJI PETARUNG BOLO SERAYU SEMBADA