Share

Supervisi Pembelajaran dan Refleksi Oleh Pengawas SD, SMP dan Penilik

Selasa, 14 Februari 2023
Berita / Informasi Serta Merta

Dalam rangka memaksimalkan pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di sekolah, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Wonosobo melalui pengawas SD, SMP serta Penilik melakukan supervisi pembelajaran dan refleksi pada beberapa sekolah.  Standar proses pada IKM salah satunya dengan melakukan supervisi secara langsung proses kegiatan belajar mengajar di kelas.

Supervisi merupakan pengawasan terhadap kegiatan akademik yang berupa proses belajar mengajar, pengawasan terhadap guru dalam mengajar, pengawasan terhadap murid yang belajar dan pengawasan terhadap situasi lingkungan belajar.

Dimana misi utama supervisi ini adalah memberi pelayanan kepada guru untuk mengembangkan mutu pembelajaran, memfasilitasi guru agar dapat mengajar dengan efektif. Sehingga  dapat mendorong guru menjadi lebih berdaya dan tercipta situasi mengajar belajar yang lebih baik dan efektif. Aksi nyata yang telah dilakukan pada Platform Merdeka Mengajar (PMM) juga wajib di implementasikan didalam kelas.

Yang mendasari kegiatan ini karena pada hasil Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) 2022, masih rendahnya supervisi yang dilakukan oleh Kepala Sekolah. Sehingga diharapkan dari pelaksanaan supervisi ini akan memperbaiki kualitas pembelajaran oleh para guru dan akan memberikan dampak pada rapot pendidikan.

Tinggalkan Komentar

 
pandji petarung bolo-serayu sembada
PANDJI PETARUNG BOLO SERAYU SEMBADA