Share

SD Negeri Wonorejo Menjadi Pelaksana Terbaik 1 Sekolah Adiwiyata Provinsi Jawa Tengah Tahun 2023

Selasa, 11 Juli 2023
Berita / Informasi Berkala

SD Negeri Wonorejo Kecamatan Selomerto Kabupaten Wonosobo mendapatkan penghargaan sebagai Pelaksana Terbaik 1 Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2023 sebagai wujud apresiasi karena telah menerapkan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) yang mana merupakan aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjejaring, dan berkelanjutan yang dilakukan oleh sekolah dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan.

Kepala Sekolah Ibu Yunina Resmi Prananta, M.Pd memaparkan bahwa Gerakan PBLHS dilaksanakan oleh semua warga sekolah mulai dari siswa, guru, kepala sekolah, komite, dan wali siswa juga warga sekitar sekolah dengan mengusung program 3R+2 yaitu:

  1. Reduse, menggunakan barang yang mudah di daur ulang yaitu para siswa, guru dan kepala sekolah semuanya menggunakan botol minum dan alat makan sendiri sehingga kantin tidak lagi menggunakan plastik dan berbagai alat makan dan minum sekali pakai.
  2. Reuse, menggunakan botol bekas air minum sebagai pot bibit tanaman.
  3. Recycle, mendaur ulang barang yang sudah tidak terpakai. Kertas bekas yang sudah tidak terpakai dimanfaatkan menjadi blocknote dan alat peraga pembelajaran.
  4. Replace, mengganti pemakaian barang dengan barang alternatif yang sifatnya ramah lingkungan dan dapat digunakan kembali. Semua warga sekolah tidak menggunakan kantong plastik sebagai wadah akan tetapi memakai tote bag dan paper bag.
  5. Replant, adalah kegiatan penanaman kembali seperti berkebun dan membuat pupuk sebagai kegiatan kokurikuler Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.  

Beberapa inovasi yang telah berhasil dibuat oleh tim pengembang sekolah dan diimplemetasikan dalam kehidupan sehari-hari oleh semua warga sekolah adalah:

  1. Aplikasi ASIAPKU yang digunakan oleh warga sekolah dan masyarakat desa sekitar sekolah untuk melaporkan permasalahan lingkungan
  2. Kantin sehat zero plastik
  3. Penyaringan limbah air cuci tangan untuk mengairi tanaman hydroponik
  4. Panen air hujan yang mana dimanfaatkan untuk wudhu/bersuci
  5. Limbah air wudhu digunakan untuk kolam budidaya lele
  6. Kebun bibit sekolah
  7. Biopori untuk mengurangi genangan di halaman sekolah dan panen kompos dari lubang biopori

Tinggalkan Komentar

 
pandji petarung bolo-serayu sembada
PANDJI PETARUNG BOLO SERAYU SEMBADA