Share

Seminar Pendidikan "Transformasi Guru Wujudkan Indonesia Maju" oleh PGRI Cabang Kepil

Kamis, 16 November 2023
Berita / Informasi Serta Merta

Sebagai upaya untuk mewujudkan pengabdiannya melalui profesi Guru dan Tenaga Kependidikan lainnya, membina serta mengembangkan pendidikan dan kebudayaan bagi pembangunan indonesia dalam upaya ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa berdasarkan pancasila dan Undang-undang dasar 1945. Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Cabang Kepil Kabupaten Wonosobo mengadakan Seminar Pendidikan dengan Tema “TRANFORMASI GURU WUJUDKAN INDONESIA MAJU” di SMK Negeri 1 Kepil Pada Hari Kamis (16/11/2023).

Dalam seminar tersebut dihadiri langsung Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Wonosobo, Drs. Tono Prihatono, menyambut baik adanya seminar pendidikan tersebut, dan menyampaikan pesan :
1. Guru Abad 21 adalah guru yang mau bergerak untuk selalu melakukan perubahan, penyesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selalu antusias dalam mengikuti program guru penggerak dan menjadikan PMM sebagai sumber belajar mandiri.
2. Guru harus menjadi agen perubahan, hal ini dilakukan dengan bergabung dalam komunitas belajar seperti KKG, MGMP, Koding, KGBN dan komunitas belajar yang lain serta selalu membagikan praktik baik untuk Pendidikan Indonesia yang lebih baik lagi.
3. Pada kurikulum Merdeka guru bukan lagi pusat pembelajaran, melainkan fokus terhadap kebutuhan peserta didik, hal ini bisa dimulai dari pelaksanaan assesmen awal / assesmen diagnostic di awal tahun Pelajaran karena setiap anak itu berbeda dan berasal dari latar belakang yang beragam juga.
4. Guru yang baik adalah guru yang selalu merencanakan dan Menyusun strategi pembelajaran sesuai dengan hasil assesmen diagnostic, sehingga bisa melaksanakan deferensiasi pembelajaran untuk memfasilitasi keberagaman peserta didik.
5. Sekolah untuk melaksanakan refleksi pembelajaran rutin setiap minggu, tujuan dari refleksi ini adalah memperbaiki pembelajaran dan mengatasi hal-hal yang tidak dapat diselesaikan sendiri.

“Besar harapan kami agar Guru yang baik itu selalu bersahabat dengan TIK sebagai modal blended learning,” ucap Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Wonosobo.

#dikporawonosobo #wonosobo

Tinggalkan Komentar

 
pandji petarung bolo-serayu sembada
PANDJI PETARUNG BOLO SERAYU SEMBADA