Share

Siswa SMP Negeri 1 Wonosobo Meraih Emas Dalam Ajang Karya Ilmiah SEAMEO-Singapore Students Challange (SSSC) 2023

Jum'at, 04 Agustus 2023
Berita / Informasi Berkala

Lima Siswa SMP Negeri 1 Wonosobo berhasil meraih emas dalam ajang karya ilmiah SEAMEO-Singapore Students Challange (SSSC) 2023 yang di laksanakan Sains Singapore Center pada 4-8 Juli 2023. Diikuti oleh 10 negara di ASEAN, SMP Negeri 1 Wonosobo meriah first prize project presentation. Kelima siswa berprestasi tersebut merupakan pelajar kelas 9, yakni Nazeeha Asna, Indira Ramsha Aurellia, Yumna Aiyla Khairunnisa, Navallo Azharya Hafiz, dan Moqza Sa'daan Aufaa Dhiyaa Ulhaq.

Berawal dari seleksi yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI ( @kemdikbud.ri ), SMP Negeri 1 Wonosobo menyusun proposal selama kurang lebih 1 bulan, dan berhasil terpilih mewakili Indonesia dalam ajang SSSC 2023. Hasil penelitian tersebut kemudian di presentasikan di Singapura.

Bersama guru pembimbing Kontingen Wahyu Prasetyanto, penelitian ini mengambil tema “Sustainable Development Goals (SDGs)” dengan judul “To Reduce Water and Soil Pollution by Modifying Breezeblocks Using Polystyrene Mixture”, berupa pembuatan roster (ventilasi) bangunan berbahan styrofoam dicampur dengan pasir semen dan kricak yang ramah lingkungan.
Menurut Wahyu, dasar pertimbangan dipilihnya bahan Styrofoam karena selama ini barang tersebut merupakan bahan limbah bekas pembungkus makanan atau barang elektronik yang tidak mudah terurai di tanah meski sudah berumur ratusan tahun. Pengelolaan sampah anorganik tersebut salah satunya bertujuan agar kelestarian lingkungan dapat dijaga.

Kepala SMP Negeri 1 Wonosobo, Kuwat memberikan apresiasi atas capaian yang berhasil diraih dan berharap mampu memacu siswa lainnya untuk dapat berprestasi dimasa mendatang.
“Prestasi anak didik di Singapura tidak hanya membawa nama harum Wonosobo maupun Jawa Tengah, tapi juga membawa nama baik negara Indonesia di kancah dunia internasional, khususnya di bidang riset dan tehnologi, SDGs atau pembangunan berkelanjutan”.

#dikporawonosobo #wonosobo #SSSC2023 #SMPN1Wonosobo #smpnegeri1wonosobo #SEAMEOSingapore

Tinggalkan Komentar

 
pandji petarung bolo-serayu sembada
PANDJI PETARUNG BOLO SERAYU SEMBADA